Warna-warni Bisnis Terkini
Blog yang mengupas tuntas tentang karyawan, rekan bisnis, kegiatan bisnis, masalah keuangan, dan hal-hal menarik lainnya dalam dunia bisnis terkini.
Menu

Pertimbangan Penting sebelum Memulai Bisnis April 15, 2017

Sebagian besar orang yang memiliki finansial sehat rata-rata ialah seorang pebisnis. Mengapa demikian? Karena mereka memiliki peluang dalam memperoleh penghasilan tanpa batas. Berbeda halnya jika hanya menjadi seorang karyawan atau pegawai dengan penghasilan yang terpaku. Sekalipun nilainya tinggi, tetap masih sangat spesifik. Menjadi seorang pebisnis atau wirausaha memang sangat menarik, tapi bisnis yang diterjuni juga tidak boleh sembarang. Alih-alih mendapat keuntungan yang ada malah gulung tikar hingga mengakibatkan kerugian besar. Pertimbangkan tiga hal berikut terlebih dahulu:

Modal materi

Bisnis yang ditekuni sebaiknya dipertimbangkan dengan modal yang dipersiapkan. Jangan memaksakan kehendak supaya dapat menjalankan bisnis dengan modal besar, misalnya melakukan pinjaman karena hal tersebut dapat membuat keuangan buruk. Modal menjadi pertimbangan besar dalam memulai suatu usaha, jangan sampai dana yang digunakan telah menguras keuangan tapi hasilnya belum menjanjikan. Inilah yang terkadang membuat orang mengalami kebangkrutan, segala aset yang dimiliki digadaikan untuk mendapat modal. Namun dengan ambruknya bisnis membuat aset berharga hilang karena disita oleh pihak yang bersangkutan. Untuk itu, dalam urusan modal alangkah baiknya jika dipersiapkan dengan matang dan dipikirkan dengan kepala dingin. Yang namanya usaha tentu akan lebih baik bila dimulai dari nilai yang terkecil karena sedikit demi sedikit bisa belajar mengatur keuangan dengan baik. Ketika sudah mulai berkembang tentunya dapat diperbesar dan bahkan mampu memperluas pangsa pasar.

Peluang

Satu hal penting yang juga tidak boleh dilakukan dalam sebuah bisnis adalah mengikuti trend bisnis yang sudah menjamur di pasaran. Hal ini akan membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat dan juga mengecilkan peluang penghasilan. Bagaimana tidak, jika pesaing sudah padat tentu pembeli memiliki banyak tempat untuk memilih produk yang mereka cari sehingga bisa mudah untuk berpindah ke toko lain. Contoh bidang usaha yang saat ini sudah menjamur di masyarakat adalah baju murah seharga 20 ribu rupiah. Tidak hanya di pasar, tetapi juga di pinggir-pinggir jalan sudah bejibun. Perlu diingat bahwa jika masih tertarik mengikuti bisnis tersebut besar kemungkinan akn mengakibatkan kerugian karena peluang memperoleh konsumen minim. Sebaiknya pilih ide bisnis yang memang sesuai dengan keahlian, misalnya cakap dalam merangkai bunga tidak ada salahnya menjadi seorang florist. Hari raya valentine, wisuda, pernikahan, bahkan juga belasungkawa tentunya banyak orang memerlukan bunga tersebut. Pastinya menjadi suatu peluang yang bagus untuk diterjuni.

Resiko

Jika diukur dari sumber penghasilan pebisnis memiliki kemampuan lebih, akan tetapi resiko yang didapat juga besar. Apabila bisnis bangkrut, maka bukan hanya akan rugi tapi juga bisa hilang pendapatan yang selama ini mengalir. Jika Anda berani mengambil resiko tersebut, tidak ada salahnya jika ingin terjun ke dalam bisnis yang diinginkan, baik itu jual baju, buka konter, ataupun usaha kuliner.Namun bila ingin aman, pilihlah bisnis dengan modal minim, seperti menjadi seorang penulis lepas, agen properti, jasa jahit, dan lain sebagainya. Ingat, banyak orang yang tadinya berada pada keududukan atas karena sebuah bisnis dan bisa turun ke posisi bahwa disebabkan oleh bisnis pula. Artinya, bila ingin terjun ke dunia bisnis maka harus siap menerima resiko yang pasti dialami.

Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, baik itu modal yang dimiliki dan dibutuhkan, peluang bisnis yang ada dan tepat, serta resiko yang bakal didapat, tentunya bisa mengambil keputusan yang baik untuk memulai bisnis. Sekedar tips, jika memang ingin berbisnis pilihlah lokasi yang letaknya mendukung, misalnya strategis supaya mudah dijangkau oleh banyak orang dan juga pastikan memberi layanan yang baik kepada konsumen sebab layanan merupakan hal utama yang harus diprioritaskan untuk membuat pembeli nyaman dan loyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *